Suara Buruh Nasional

Jumat, 17 Mei 2013

Koperasi CU Sejahtera Diresmikan Wawako Tebing Tinggi



>>Afian Haris
Tebing Tinggi, SBN---Kantor Pusat Koperasi Kredit CU Sejahtera di Jalan Ir H Djuanda Kelurahan Tanjung Marulak Kota Tebing Tinggi diresmikan oleh Walikota Tebing Tinggi diwakili Wawako H Irham Taufik SH MAP, Selasa (30/4). Koperasi yang telah memasuki usia ke 15 tahun itu saat ini memiliki jumlah anggota 8.133 orang dan memiliki asset sebesar Rp 23,634 miliar.
Walikota Tebing Tinggi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wawako H Irham Taufik menyampaikan, Pemko Tebingtinggi memberikan apresiasi kepada Kopdit CU Sejahtera yang telah berperan dalam membangun pilar ekonomi dengan semangat perjuangan memerangi kemiskinan dan pengangguran serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Berbagai strategi dan pola kebijakan yang dikembangkan kiranya dapat mengikat loyalitas dan kepercayaan masyarakat serta menjadikan Kopdit CU Sejahtera sebagai lembaga keuangan non bank yang menciptakan investasi bagi bagi anggotanya melalui program simpan pinjam/tabungan secara terencana”, sebut walikota.
Disebutkan juga bahwa koperasi kredit atau credit union merupakan salah satu jenis koperasi yang konsentrasi pada usah simpan pinjam, memiliki karakteristik sendiri dalam eksistensi dan kesinambungannya yang berlandaskan pada pilar pendidikan, solidaritas dan keswadayaan/kemandirian. “Berbagai aktifitas koperasi kredit telah tampak sinergitas sumber daya manusia dan investasi masyarakat yang berdampak pada peningkatan kegiatan ekonomi”, katanya.
Ketua Dewan Pimpinan Kopdit CU Sejahtera, Drs Jakner Sijabat memaparkan sejarah singkat berdirinya Kopdit CU Sejahtera di Kota Tebing Tinggi. Disebutkan bahwa berdirinya Kopdit CU Sejahtera berawal dari kondisi sulit saat krisis ekonomi pada tahun 1998 yang menginspirasikan beberapa orang warga Pasar Gambir Tebing Tinggi untuk mencari jalan menolong diri dan sesamanya yang menderita untuk memenuhi permodalan berjualan yakni, R Sihaloho, B Rajagukguk, S Sinaga, M Siringoringo dan R Simbolon.
“Kelima orang ini yakin bahwa kesulitan permodalan warga pajak (pasar gambir) hanya dapat dibantu oleh mereka sendiri, bukan keluarga atau pihak lain, caranya adalah dengan menghimpun kekuatan bersama dalam satu wadah yang disepakati. Akhirnya pada tanggal 12 April 1998 tepatnya hari Minggu didirikanlah Koperasi Kredit dan diberi nama Kopdit CU Sejahtera dengan anggota awal sebanyak 60 orang dengan uang pangkal Rp 7.500 simpanan pokok Rp 10.000 dan simpanan wajib Rp 5.000 dan terkumpullah modal sebesar Rp 15.389.850 atau rata-rata tabungan per anggota sebesar Rp 256.500”, papar Jakner Sijabat.
Saat ini jumlah anggota Kopdit CU Sejahtera per 31 maret 2013 tercatat 8.133 orang dengan asset telah mencapai Rp 23.634.884.562. “Dengan kondisi seperti ini  pasti memerlukan penglolaan yang professional. Tahun ini Kopdit CU Sejahtera mendapat penghargaan dari Pemprovsu sebagai Koperasi Berprestasi dan mendapat kepercayaan untuk mengelola perlindungan simpanan anggota sebesar Rp 30 juta dan perlindungan pinjaman anggota sebesar Rp 100 juta serta tahun ini perubahan anggaran dasar menjadi tingkat nasional”, demikian urai Jakner Sijabat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments