Suara Buruh Nasional

Minggu, 29 September 2013

Lomba Kreativitas Anak TK se Kab. Bengkalis Tahun 2013 Sukses

>>Mahir.R
Bengkalis, SBN---Daya kerja dan daya pikir manusia memerlukan suatu tindakan yang kreatif di dalam menciptakan suatu kreativitas yang patut di banggakan agar tercapai dan terbentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal/tangguh, berani dan berprestasi. Untuk ‘mencetak’ manusia-manusia yang dapat di banggakan tersebut bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan, akan tetapi perlu kerja keras dan perjuangan yang tidak mengenal lelah. Dan hal itu bukan juga dapat diberlakukan bagi semua orang dalam kategori tingkat usianya. 

     Hal seperti itu harus sudah dimulai sejak dini di pendidikan yang sangat dasar, contohnya mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau pun TK (Taman Kanak-kanak). Dan semuanya itu juga haruslah didukung oleh para tenaga pengajar (guru) yang mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap kemajuan dunia pendidikan dan bertanggung jawab dengan tugas berat yang ada dipundaknya serta fokus terhadap peningkatan/kemajuan sumber daya manusia itu sendiri.  
     Program yang direncanakan dilakukan oleh IGTK (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak) Se-Kabupaten Bengkalis yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab. Bengkalis sungguhlah bagus dan sangat tepat. Karena program yang telah dirancang dan dilaksanakan itu jelas akan lebih menunjang tingkat kemajuan dan merangsang hal-hal yang tersembunyi dari sang anak didik tersebut. Salah satu contoh yang perlu di rangsang adalah bakat (kemampuan/keahlian) dan keberanian (Mental) anak didik.   
     Program yang dilaksanakan IGTK dan Dispen (Dinas Pendidikan) Kab. Bengkalis merupakan salah satu kegiatan yang mendukung dari kemajuan dunia pendidikan dan berkembangnya SDM nantinya. Adapun kegiatan yang dilaksanakan IGTK Se-Kab. Bengkalis dan Dispen Kab. Bengkalis adalah mengadakan ‘LOMBA KREATIFITAS ANAK TK’ yang melibatkan semua Taman kanak-kanak yang ada di Kab. Bengkalis. Peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut tentunya sudah lulus test dan seleksi dari para dewan juri di setiap kecamatan se-Kab. Bengkalis. Begitu juga dengan wakil dari kec.Mandau yang memboyong enam anak didik ke Bengkalis untuk mengikuti perlombaan tersebut. Walau mereka dari TK yang berbeda, keenam duta Kec. Mandau tersebut tetap bersatu dan kompak dalam melakukan segala hal yang menyangkut dengan pelaksanaan perlombaan tersebut demi mengharumkan nama Kec. Mandau dan khususnya mengharumkan nama sekolah/ TK masing-masing. 
     Adapun perlombaan yang dilaksanakan di HORISON HOTEL itu di bagi dalam tiga kategori lomba, yaitu, “Lomba Busana Melayu Harian (Fashion Show), Lomba Tarian Melayu (Tarian) dan Lomba Membaca Do’a Harian & Ayat Pendek terjemahan. Masing-masing perwakilan sekolah TK mempersiapkan & menampilkan sesuai dengan kategori perlombaan yang telah di tentukan oleh panitia lomba. 
     Pembukaan acara Lomba Kreatifitas Anak TK se Kab. Bengkalis resmi dibuka pada hari Kamis malam (5/09) sekira pukul 20:00 Wib yang diikuti oleh seluruh peserta dari perwakilan masing-masing sekaligus dengan para guru pendampingnya (official).  Selesai acara pembukaan, panitia penyelenggara perlombaan mengadakan pertemuan dengan para official peserta lomba untuk memberikan informasi, arahan serta  membagikan nomor undian peserta lomba  dan nomor peserta yang akan tampil esok hari. 
     Jum’at pagi para peserta Lomba Busana Melayu Harian (Fashion Show) & para peserta Lomba Membaca Do’a Harian dan Ayat Pendek Terjemahan siap untuk berlaga di atas pentas memperebutkan Trophi (Piala) dan hadiah-hadiah lainnya yang telah disiapkan panitia penyelenggara. Pada siang harinya, peserta Lomba Tarian Melayu berganti bersiap-siap menghadapi para dewan juri dengan menampilkan tariannya masing-masing yang telah dilatih dan dipersiapkan sebelumnya. 
     Pada penampilan pertama dalam lomba menari peserta dari Kec. Siak Kecil dengan nomor undian 4 mendapatkan kehormatan untuk menampilkan kebolehannya di atas panggung dengan lenggak lenggok tubuh dalam iringan music yang mendendangkan irama lagu Melayu. Sedangkan peserta perwakilan Kecamatan Mandau mendapat urutan ke lima dalam menaunjukkan kebolehannya dalam menari. Begitu selanjutnya sampai kepada peserta terakhir dengan nomor undian satu. 
     Hingar bingar music ditambah suara penonton yang ada dalam gedung pertunjukan menambah suasana lomba semakin semarak. Hingga sampai pada waktunya para Juri mengumumkan hasil dari pertunjukan anak TK se Kab. Bengkalis tersebut pada hari Sabtu (07/09), acara Lomba Kreatifitas Anak Taman Kanak-kanak masih terus di selimuti semangat dan penuh tanda tanya yang sedikit mencemaskan. Pasalnya, setiap official dan peserta dari perwakilan kecamatan se Kab.Bengkalis sudah tidak sabar menunggu hasil dari para juri mengumumkan pemenang lomba tersebut. 
     Bila dilihat dari kaca mata umum, acara yang digelar Dinas Pendidikan Kab. Bengkalis yang bekerja sama dengan IGTK dan Hotel Horison yang mana acara tersebut di selenggarakan termasuk sukses. Walaupun setiap orang yang terlibat dalam acara tersebut merasa lelah. Akan tetapi acara ‘Lomba Kreatifitas Anak TK se Kabupaten Bengkalis bisa terlaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments