Suara Buruh Nasional

Sabtu, 01 Juni 2013

Desa Suka Makmur Siap Melaju Ke Tingkat Provinsi

>>Jamal
Singkil, SBN---Pada perlomabaan penilaian Gampong se Tingkat Kabupaten Aceh Singkil, Desa Suka Makmur berhasil memperoleh nilai 435, dan berhasil unggul sebagai Juara Pertama.

Dan atas prestasinya itu Gampong Suka Makmur yang masuk kedalam ranah Kecamatan Singkil sedang mempersiapkan Desa Binaan itu untuk kembali mengikuti Penilaian Gampong Tingkat Provinsi yang rencananya akan melakukan penilaian minggu ketiga Bulan Mei ini.
Demikian keterangan yang diberikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Aceh Singkil Damhuri SE melalui Kabid Kelembagaan Sarana dan Prasarana Ir H Ismed Taufiq, saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya baru-baru ini.
Dijelaskannya, perlombaan Gampong merupakan salah satu kebijakan Pemerintah yang dilaksanakan setiap tahun, perlombaan ini pada hakekatnya sebagai salah satu untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar upaya sendiri, termasuk kerjasama antar masyarakat bersama perangkat Desanya.
Bukan itu saja, dalam perlombaan Gampong ini juga sekaligus sebagai evaluasi keberhasilan usaha masyarakat dalam pembangunan Desanya, yang mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 13 tahun 2007 tentang penyelenggaraan perlombaan Desa dan Kelurahan.
            Masih kata Taufik, dari jumlah 116 jumlah Desa/Gampong yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, leading sector dalam pelaksanaan lomba gampong ini yakni instansi  Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Syariat Islam, Badan Kesbangpol Linmas dan Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Sejahtera (BPP&KS), termasuk Bagian Pemerintahan Sekdakab, Bagian Ekonomi dan PKK.
            Dari kesembilan Stake Holder ini membentuk Tim sebagai juri penilaian, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Sebab seluruh kegiatan yang ada didesa tidak dapat dinilai dengan satu instansi saja, seperti Dinas Kesehatan akan menilai tingkat kesehatan masyarakatnya, Dinas pendidikan kualitas pendidikannya, dan Dinas Syariat Islam akan menilai terkait penerapan syariat islam yang ada didesa tersebut. Jelas Taufik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments