Suara Buruh Nasional

Sabtu, 01 Juni 2013

Pembukaan MTQ Ke-31 di Aceh Singkil, Disambut Guyuran Hujan

>>Jamal
Singkil, SBN---Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-31 dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Singkil H Safriadi,  yang disambut dengan guyuran hujan lebat, dengan enam jenis cabang yang akan diperlombakan.

Sebanyak 364 peserta yang mengikuti MTQ ke-31 itu terbagi dalam 12 Kafilah,  11 kafilah dari Kecamatan dan 1 kafilah dari PT Nafasindo Juara MTQ ke-30 Tingkat Kabupaten di Singkohor April 2011 beberapa tahun yang lalu.
Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati H Safriadi disaksikan unsur Pemerintahan dan pemuka agama yang dilaksanakan dilapangan Alun-Alun Pulau Sarok Kecamatan Singkil, Sabtu malam 18 hingga 23 Mei 2013.
Camat Singkil, Ketua Panitia MTQ Deiny Oskandar SSTP dalam laporannya menyebutkan, enam jenis cabang yang diperlombakan dalam Musabaqah Tilawatil Qura’an (MTQ) meliputi, Cabang Tilawatil Qur’an, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur;an dan MTQ.
            Kegiatan tersebut bersumber dari pembiayaan DPA Kecamatan Singkil tahun 2013, Dinas Syariat Islam sebagai seksi pengadaan piala dan hadiah bagi pemenang, serta Keperluan Dewan Hakim. Sementara pelaksanaan melalui pembiayaan DPA Dinas Pekerjaan Umum (PU).      
Dijelaskannya, jumlah peserta dari Kecamatan Kota Baharu 34 orang dengan 7 Official, Gunung Meriah 34 dengan 16 Official, PT Nafasindo 35 dengan 11 Official, Danau Paris 29 orang 11 Official, Simpang Kanan 31 dengan 11 Official, Pulau banyak 23 orang 12 Official, Singkil 35.orang 15 Official, Singkil Utara 31 orang 9 Official, Pulau Banyak Barat 24 orang 15 official, Suro 31 orang 14 Official, Singkohor 33 orang 9 Official dan Kuala Baru 24 peserta dengan 9 Official. Beber Deiny.
Bupati Aceh Singkil H.Safriadi SH dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar menjadikan Alquran sebagai pedoman dan tatanan hidup yang harmonis. Selanjutnya dihimbau juga kepada tokoh agama agar membimbing masyarakat untuk menghindari perbuatan yang tidak terpuji. “Selesaikanlah masalah dengan kedamaian, dialog dan musyawarah. Kemudian kata Safriadi jadikan momen pelaksanaan MTQ tahun ini sebagai media pengembangan ajaran-ajaran islam dan syariat Islam secara kafah. Ucapnya.
Pada pembukaan itu Bupati juga melantik sebanyak 48 orang Dewan Hakim, yang sebelumnya dilakukan penyerahan Piala Bergilir dari PT Nafasindo Kepada Bupati Singkil dan selanjutnya diserahkan kepada Camat Singkil selaku Ketua Panitia MTQ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments