Suara Buruh Nasional

Sabtu, 01 Juni 2013

PWI Aceh Singkil Lakukan Uji Kompetensi di Banda Aceh

>>Jamal
Aceh Singkil, SBN---Sebanyak tiga wartawan dari Aceh Singkil dan 42 wartawan dari berbagai Media Cetak dan Elektronik dari Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, Selasa 7 hingga Rabu 8 Mei, mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di hotel Grand Aceh Kota Banda Aceh.

Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman SE MSi, dalam sambutannya pada pembukaan Safari Jurnalistik dan UKW mengatakan, ujian ini bukan ujian tulis maupun uji undang-undang kode etik serta pemahaman UU pers. Namun disini betul-betul diuji kemampuan yang sehari-harinya kita lakukan sebagai wartawan didaerah. "Buat beritakan merupakan hal yang biasa jadi tak usah takut.”ujarnya.
Menurutnya jika keseharian kegiatannya sebagai jurnalis mudah-mudahan lulus semuanya. Sebab ini merupakan program dewan pers mulai tahun 2012, bahwa setiap wartawan itu harus kompetensi sesuai tingkatannya. "Siapkan mental, jangan membuat hal yang merugikan kalau kita wartawan pasti lulus. Dan kalau tidak bisa buat berita pasti tidak lulus."beber Tarmilin.
Dikatakannya, UKW kedua kalinya dilaksanakan di Aceh, tahun lalu diikuti 35 wartawan dan dinyatakan berkompeten 31 wartawan. Sedangkan pelaksanaan tahun ini tercatat 42 orang, namun yang hadir mengikuti hanya 27 wartawan untuk Tes Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Muda dan Madya.
Marah Sakti Siregar Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat saat membuka kegiatan UKW mengatakan, tahun ini 5 daerah di Indonesia meliputi Provinsi Aceh, Bandar Lampung, Sulawesi Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur merupakan daftar kunjungan PWI pusat yang bekerjasama dengan Nestle untuk proses pendidikan Kompetensi sekaligus peningkatan status Program Wartawan bersertifikat. “Sudah lebih dari 3 ribu wartawan yang lulus kompetensi melalui safari jurnalistik.” Kata Marah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments