Suara Buruh Nasional

Kamis, 25 Juli 2013

Menko Kesra Agung Laksono Buka Puasa Bersama Masyarakat Sergai

>> J.Irwansyah.S
Sei Rampah, SBN---Suatu kebanggan tersendiri bagi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah ini, karena mendapat kehormatan atas kunjungan kerja dalam rangka Safari Ramadhan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia (Menko Kesra RI) DR. H. R. Agung Laksono yang sekaligus berkesempatan buka puasa bersama dengan masyarakat dari berbagai elemen di daerah ini.

Rombongan yang terdiri dari Deputi Menko Kesra Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat DR. Sudzana Royat MSc, Deputi Bidang Koordinator Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga DR. Haswan Yunaz SE, staf ahli Menko Kesra Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif Ir. Wahnarno, Dirjen PAUDNI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. DR. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, serta para pejabat dan jajaran Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian disambut hangat Bupati Sergai Ir. H. Soekirman beserta jajarannya di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (19/7).
Turut hadir dalam acara ini unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sergai, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Sergai, Pimpinan Kacab Bank BRI dan PT. Mayapada Group Wilayah Sumut, Kakan Kemenag, PT PP.Lonsum, jajaran PNS Pemkab Sergai, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers serta ratusan masyarakat Kabupaten Sergai.
Dalam sambutannya dihadapan tamu undangan, Menko Kesra HR Agung Laksono mengatakan bahwa kunjungan kerja yang merupakan kegiatan agenda tahunan ini bertujuan untuk meninjau, memantau dan berdialog secara langsung dengan masyarakat guna mengetahui kondisi kehidupan masyarakat secara nyata. Hal ini berkaitan dengan dampak dari kenaikan BBM bersubsidi yang salah satunya program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).
Lebih lanjut disampaikan Menko Kesra selama ini Bahan Bakar minyak (BBM) bersubsidi lebih banyak dinikmati masyarakat mampu. Untuk itu, Pemerintah melakukan kenaikan BBM bersubsidi untuk dimanfaatkan membantu masyarakat kurang mampu serta membiayai pendidikan dan pembangunan infrastruktur khususnya daerah tertinggal melalui Program Perlindungan Sosial tersebut, jelas Menko Kesra Agung Laksono.
Program perlindungan sosial yang dialokasikan Pemerintah saat ini, terdiri dari program bantuan siswa miskin, keluarga harapan, subsidi pangan atau beras untuk rakyat miskin. Serta program khusus terdiri dari BLSM selama empat bulan dan pembangunan infrastruktur dasar.
Mengenai BLSM, dijelaskan Menko Kesra Agung Laksono sejauh ini dari 15,5 juta Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang ditetapkan Pemerintah sudah sekitar 14,6 juta tersalurkan sesuai jadwal. KPS ini bukan hanya untuk menerima BLSM saja melainkan  Raskin dan beasiswa miskin.
Untuk Pemkab Sergai, Menko Kesra memberikan apresiasi yang tinggi karena terhitung 18 Juli 2013 telah menyalurkan BLSM sebanyak 92,01 % dari 31.793 Rumah Tangga Sasaran (RTS).
Selain BLSM, Agung Laksono juga menjelaskan program pemerintah yang lain untuk mempercepat penangulangan kemiskinan yakni Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd). Untuk itu diharapkan adanya swadaya masyarakat dalam menunjang keberhasilan program ini. Karena saat sekarang paradigma pembangunan besifat buttom up artinya pembangunan yang berasal dari kebutuhan masyarakat sehingga pembangunan tepat sasaran, ujar Menko Kesra.
Menyikapi akan beroperasinya Bandara Kuala Namu, akan membawa dampak yang besar bagi Kabupaten Sergai khususnya dibidang pariwisata. Untuk itu Menko Kesra Agung Laksono menghimbau agar Sergai ikut berperan aktif mengembangkan daerah ini yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian dan taraf kehidupan masyarakatnya.
Sebelumnya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya mengucapkan selamat datang serta berterima kasih atas kunjungan Menko Kesra HR Agung Laksono beserta rombongan karena Kabupaten Sergai termasuk satu dari tiga kabupaten/kota yang dikunjungi di Sumut. Apalagi masyarakat Sergai dapat bertatap muka langsung dengan Bapak Menteri, ujar Bupati H. Soekirman.
Dijelaskan H. Soekirman bahwa kesejehteraan masyarakat Sergai cukup bagus, ini ditandai dengan meningkatnya Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB), meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), menurunnya angka pengangguran. Begitu pula dengan meningkatnya Indikator Kesejahteraan Rakyat (IKraR) yang digagas Strategig Alliances for Poverty Allevation (SAPA), dimana Kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini sudah bekerja sama sejak tahun 2009, papar H. Soekirman.
Pemerintah Kabupaten Sergai terus melakukan pengembangan sekaligus peningkatan pada bidang pelayanan umum, seperti kesehatan, pendidikan, pengembangan kawasan ekonomi khususnya masyarakat pesisir serta Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S).
Khusus untuk program BLSM dilaporkan Bupati Soekirman, Pemkab Sergai telah menerima pengaduan dari masyarakat kurang mampu yang tidak mendapat KPS telah menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan SAPA.
Dalam kunjungan kerja ini Menko Kesra HR Agung Laksono secara simbolis menyerahkan beberapa bantuan yakni dari Kemenko Kesra berupa BLM PNPM-MPd tahun 2013 senilai Rp. 20.050.000.000,-, Bantuan Kredit Usaha Rakyat sebesar Rp. 36.000.000,-, CD dan Al-Quran Al-Hadi, kenang-kenangan berupa peralatan olah raga serta 100 paket sembako dan uang saku kepada anak yatim piatu.
Dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa bantuan Siswa Miskin Tingkat SD sebesar Rp. 2.487.100.000,-, bantuan PAUD sebesar Rp. 2.299.852.000,- dari Dirjen PAUD, Non Formal dan Informal serta bantuan fasilitas kesenian sebesar Rp. 750.000,-
Bantuan Kementerian Kesehatan berupa Pusling untuk puskesmas Kecamatan Sei Rampah, Perbaungan, Pantai Cermin, Teluk Mengkudu dan Tanjung Beringin, bantuan Pos Bindu Kit, alat penjernih air, kelambu berinsektisida, PSN Kit, Roll Banner DBD dan media kesehatan.
Sedangkan dari Kementerian Lautan dan Perikanan memberikan bantuan sebesar Rp. 1.885.000.000,-. Dari Kementerian Pertanian berupa bantuan unit pengolahan pupuk organik senilai Rp. 186.000.000.- untuk kelompok ternak Harapan Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah. Serta penyerahan 250 paket sembako dari Mayapada Group kepada anak yatim, lansia dan masyarakat tidak mampu yang tidak mendapat BLSM.
Acara ditutup dengan siraman rohani oleh al-Ustadz H. Samin Pane, yang dalam tausiyahnya mengatakan bahwa Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan oleh karenanya ramadhan adalah bulan berhiaskan ibadah. Dalam melaksanakan ibadah ada rasa cinta dan rasa takut.
Rasa cinta yakni cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Sedangkan rasa takut yakni takut kepada Allah, sehingga menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, ujar ustad yang akrab disapa Sampan.
Pasar Murah dan Bazar Ramadhan 1434 H
Sebelum melaksanakan acara buka puasa bersama, terlebih dahulu Menko Kesra HR Agung Laksono dan rombongan didampingi Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan jajaran Kepala SKPD Pemkab Sergai meninjau pasar murah dan bazar Ramadhan 1434 Hijriyah di lapangan bola kaki Erry-Soekirman Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.
Saat meninjau pasar murah dan bazar Menko Kesra HR Agung Laksono mengatakan bahwa pasar murah ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah kepada masyarakat untuk mengantisipasi lonjakan harga khususnya sembako dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1434 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments