Suara Buruh Nasional

Kamis, 25 Juli 2013

Sergai Ditetapkan Kembali Jadi Kabupaten Layak Anak Tingkat Nasional

>> J.Irwansyah.S
Sei Rampah, SBN---Untuk ketiga kalinya Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Nasional dengan kategori Pratama. Penghargaan ini diberikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang diserahkan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar kepada Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional tahun 2013 di Auditorium Kemenag RI, Jakarta, Selasa (23/7).

Hal ini ungkapkan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala kepada wartawan di Sei Rampah, Selasa (23/7).
Penganugerahan KLA tersebut, menurut Kabag Humas Indah merupakan bentuk nyata apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemkab Sergai khususnya Bupati H. Soekirman atas upaya konkret yang mempunyai komitmen memberlakukan sistem pembangunan berbasis anak. Meliputi penguatan kelembagaan, pengembangan hak sipil dan kebebasan anak, pencapaian lingkungan keluarga dan pengasuh alternatif. Disamping itu upaya pemenuhan hak-hak anak seperti kesehatan dasar dan kesejahteraan anak, pendidikan, kegiatan budaya dan perlindungan khusus pada anak, ujar Kabag Humas.
Dijelaskan Kabag Indah Dwi Kumala, dibidang pendidikan, Pemkab Sergai terus memenuhi sarana dan prasarana serta meningkatkan mutu pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK guna pembentukkan karakter dari sejak usia dini, disamping telah dilaksanakannya Wajib Belajar 12 tahun sejak tahun 2007. Perlindungan mempekerjakan anak sesuai dengan Perda 7 tahun 2009 tentang penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak. Serta memberlakukan kebijakan akte kelahiran gratis bagi anak usia 0-6 tahun, ujar Kabag Humas.
Kemudian bidang kesehatan dikeluarkannya Perda Nomor 27 tahun 2008 tentang kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak balita di Kabupaten Serdang Bedagai. Dibidang partisipasi anak dibentuk wadah-wadah partisipasi anak seperti Forum Anak Daerah Sergai (FADASE) ditingkat kabupaten dan beberapa desa di kecamatan. Serta beberapa desa percontohan layak anak seperti Desa Cinta Air Kecamatan Perbaungan, Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar, Desa Petuaran Hilir Kecamatan Pegajahan dan Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul, jelas Indah Dwi Kumala.
Selain penghargaan kepada Kabupaten tanah bertuah negeri beradat, juga diberikan penghargaan kepada 54 kabupaten/kota se- Indonesia. Kategori Pratama diraih 36 Kabupaten/kota lainnya, kategori Nindya untuk 4 kabupaten/kota dan kategori Madya diberikan 14 kabupaten/kota.

 Hari Anak Nasional 2013 
Setelah penganugerahan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Nasional untuk kabupaten/kota se-Indonesia, Rabu sore (23/7) dilanjutkan dengan puncak Peringatan  Hari Anak Nasional tahun 2013  di Gedung Smesco, Jakarta.
Acara yang bertema “Indonesia yang ramah dan peduli anak dimulai dari pengasuhan dalam keluarga” turut dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, Kepala BKKBN Prof. DR. Fazli Jalal PSi dan para Bupati/Walikota yang menerima penghargaan KLA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments