Suara Buruh Nasional

Senin, 01 Juli 2013

Pemkab Sergai Salurkan ADD Tahap II dan TPPAPD

>> J.Irwansyah.S 
Pegajahan, SBN---Untuk lebih meningkatkan serta memahami  tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai Kepala Desa (Kades), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa bertempat di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Sabtu (15/6).

Acara yang dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II dan Tunjangan Perbaikan Penghasilan Aparat Pemerintahan Desa (TPPAPD) dihadiri Bupati Sergai Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si, Wakil Bupati (Wabup)  Ir. H. Soekirman, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat, tokoh masyarakat serta Kades se-Kabupaten Sergai.
Bupati Sergai Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan Kabupaten Sergai saat ini sudah berusia sembilan tahun lebih meskipun masih tergolong muda akan tetapi mampu untuk membangun dan menata Kabupaten ini hingga sederet prestasi dalam bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan baik di tingkat Provinsi hingga Nasional dapat kita raih. Prestasi-prestasi yang telah diraih tersebut tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh komponen, mulai dari Pemerintah Desa sampai Pemerintah Kabupaten maupun stakeholders dan dukungan masyarakat Sergai.
Lebih lanjut Erry Nuradi memaparkan bahwa untuk menjadi sebuah Kabupaten terbaik harus dimulai dengan menciptakan desa - desa terbaik. Kemajuan sebuah desa merupakan cerminan dari kemajuan sebuah Kabupaten. Oleh karena itu Erry Nuradi mengharapkan agar seluruh Kades dengan sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan dengan melibatkan masyarakat desa secara aktif.
Sedangkan pemberian ADD lanjut Erry Nuradi, merupakan perwujudan otonomi desa sebagaimana amanat pasal 212 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah yang ditindak lanjuti dengan Peraturan Pemerintah (PP)  Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa pasal 68 ayat (1), mengenai perhitungan besaran alokasi ADD didasarkan pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 140/640/SJ tanggal 22 Maret tahun 2005 tentang pedoman ADD dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Pemerintah Desa, ujar Bupati Erry.
Erry Nuradi menjelaskan bahwa Kabupaten Sergai merupakan  pionir di Sumatera-Utara (Sumut) dalam hal pemberian ADD sejak di terbitkannya PP Nomor 72  Tahun 2005 serta satu-satunya Kabupaten yang memberikan transportasi roda dua kepada seluruh kadesnya. Semua ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi kita sebagai masyarakat Kabupaten tercinta ini.
Mengakhiri sambutannya Erry Nuradi menghimbau kepada para Kades agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik demi meningkatkan  kemajuan pembangunan bagi seluruh elemen masyarakat hingga ke pelosok desa, serta memohon maaf  atas semua khilaf selama memimpin Sergai bersama Wabup Soekirman banyak harapan dan keinginan dari masyarakat yang belum terpenuhi dan mohon pamit untuk selanjutnya akan mengemban tugas ke Pemerintah Provinsi sebagai Wagubsu.
Erry Nuradi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat se-Kabupaten Sergai agar selalu menjaga kekompakkan dan kebersamaan serta jangan mudah terprovokasi terhadap isu-isu yang berkembang dan belum pasti kebenarannya.
Dalam kesempatan yang sama Wabup Sergai Ir. H. Soekirman mengungkapkan rasa sedih serta rasa kehilangan seorang sosok pemimpin  enerjik, kreatif dan inovatif  yang telah mendampinginya selama delapan tahun. Soekirman juga menghimbau kepada seluruh Kades dan elemen masyarakat agar bersama-sama, bahu- membahu, bekerjasama dan saling membantu demi memajukan Kabupaten Sergai dengan masyarakatnya yang religius, modern, kompetitif serta berwawasan lingkungan.
Sebelumnya Kaban BPMPD selaku Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan H. Ifdal, S.Sos. M.AP melaporkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini selain meningkatkan kapasitas para Kades juga agar Kades dapat melaksanakan pengelolaan ADD sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Sedangkan Ahmad Zais yang mewakili para Kades dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wabup Sergai. Pembangunan yang begitu pesat di pedesaan semuanya tak terlepas dari kepemimpinan Erry-Soekirman yang telah membawa ke arah lebih maju. Selama delapan tahun memimpin Sergai Erry-Soekirman selalu bekerjasama  menjaga kekompakan dan kebersamaan, hal inilah yang menjadi kunci sukses dari sang pemimpin untuk menuju kemajuan di Kabupaten Sergai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments