Suara Buruh Nasional

Jumat, 03 Januari 2014

Peringatan Hari Guru Nasional 2013 dan HUT ke 68 PGRI di SMAN 20 Medan Meriah

>>Ridwan Hsb
Belawan, SBN---Semarak perayaan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2013 dan HUT ke 68 PGRI di SMAN 20 Medan berlangsung meriah, yang diawali dengan upacara bendera, sebagai Pembina Upacara Osmar Brintua, S.Pd..

            Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh yang dibacakan Inspektur Upacara Bawadi Sinambela, S.Pd menyampaikan, bahwa tantangan dalam bidang pendidikan akan semakin rumit dan kompleks, terutama dalam rangka mempersiapkan generasi 2045, 100 tahun Indonesia merdeka, dan kejayaan Indonesia, maka di tahun tersebut para generasi penerus harus dibekali pengetahuan, dan keterampilan dan sikap sesuai zamanya, harus memiliki kemampuan berpikir orde tinggi, kreatif, inovatif, berkepribadian mulia dan cinta tanah air, serta bangga jadi bangsa Indonesia, sebagaimana yang digagas dalam Kurikulum 2013.
            Untuk itu perlu dikembangkan memberikan pendidikan sedini mungkin (start earlier) melalui gerakan PAUD, memberikan kesempatan bersekolah setinggi mungkin (stay longer) melalui pendidikan menegah universal (PMU), dan perluasan akses ke perguruan tinggi. Selain itu perlu diperluas kepada mereka yang tidak terjangkau (rich wider) melalui program bantuan siswa miskin (BSM), Bidikmisi, dan sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T).
            Maka di tahun 2013 ini diambil tema peringatan HGN dan HUT ke 68 PGRI yakni, “Mewujudkan Guru yang Kreatif dan Inspiratif, dengan Menegakkan Kode Etik untuk Penguatan Kurikulum 2013”, hal ini dimaksudkan untuk menjawab berbagai tantangan tersebut. Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang melakukan penataan sistem pendidikan guru, pelatihan berkelanjutan, perlindungan, dan peningkatan kesejahteraan guru. Apresiasi juga disampaikan kepada organisasi guru yakni PGRI yang bisa menjadi organisasi guru yang kuat sehingga menghasilkan guru yang mampu mengembangkan kemampuan secara mandiri, diharapkan agar para guru dan tenaga pendidik bisa menjadi pembelajar dan pendidik sejati.
            Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan terhadap guru dan pegawai yang telah mengabdi lebih dari 20 tahun di SMAN 20 Medan yaitu, Roili Lubis, S.Pd yang sudah mengabdi 34 tahun, Aron Simanjuntak telah mengabdi 31 tahun, Drs. Dermawan Pinem telah mengabdi 29 tahun, Drs. Morris Jufri telah mengabdi 28 tahun, Manusun Hutahuruk, S.Pd telah mengabdi 28 tahun, Dra. Osiona Sihite, M.Si telah mengabdi 27 tahun, Manuahal Sirait, S.Pd mengabdi 26 tahun, Sahat H. Simanjutak, S.Pd mengabdi 25 tahun. Sementara itu untuk guru favorit T.P 2013/2014 di SMAN 20 Medan yakni, puji Astuti, S.Kom, Bawadi Cici Chandra Sinambela, S.Pd, dan Nur Azizah Vibrian, S.Pd.
            Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2013 dan HUT ke 68 PGRI di SMAN 20 Medan juga diwarnai dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh para guru diantaranya lomba joget balon pesertanya untuk laki laki, Deni-Ali, Sahat-Edi, Kepsek-Johari, wanita, Azizah, Ros, Puji, Mery, Wahidah. Lomba balap goni, peserta laki laki, Deni-Ali, Sahat-Dino, Januar-Daniel, Wanita, Rahmi, Ratna, Ros. Lomba guli, peserta laki laki, Bawadi, Ali, Deni, wanita, Rini, Rahmi, Azizah. Sepak bola, grup putih dengan kapten Johari dengan pemain, Ridwan, Nasib, Osman, Johari, Januar, melawan Edy, Deni, Ali, Daniel, Bawadi. Sementara itu lomba tenis meja dimenangkan oleh komite yakni pasangan Johari Ayat, SH, dan Ridwan Hsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments