Suara Buruh Nasional

Jumat, 17 Mei 2013

Empat Pilar Kebangsaan Dasar Kekuatan Negara Indonesia



>>J.Irwansyah.S 
Sei Rampah, SBN---Perwujudan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi dasar kekuatan bangsa Indonesia harus segera diimplementasikan kedalam kehidupan nyata. Sebab pemahaman nilai-nilai budaya luhur bangsa Indonesia terkandung pada empat pilar kebangsaan ini dan untuk menyikapi semakin gencarnya pengaruh budaya asing pada era gobalisasi ditengah kehidupan saat ini.

Agar pemahaman tentang empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia dapat diterima masyarakat terhadap nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan tersebut, sehingga diharapkan dapat menyelamatkan dalam aspek kehidupan sosial baik secara individu, keluarga, masyarakat, dan bangsa. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan Kantor KesbangPol Linmas Provsu menyelenggarakan acara Sosialisasi Nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (16/5
Wakil Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang turut didaulat menjadi narasumber dalam sambutannya mengatakan kandungan nilai-nilai empat pilar kebangsaan dapat dijadikan landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, selain itu juga merupakan dasar karakter bangsa kita yang harus terus dipertahankan dan dijaga dalam kehidupan sehari-hari, jelas Wabup Soekirman.
Turut hadir mendampingi Wabup Soekirman yakni Dandim 0204/DS Letkol Arh Syaeful Mukti Ginanjar SIP, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kantor KesbangPol Linmas Provsu Darto Muhammad, Kakan KesbangPol Linmas Sergai Drs. Ramses Tambunan, unsur Pemerintah Kecamatan se-Sergai, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.
Diungkapkan Wabup Soekirman, dengan melandaskan empat pilar ini mampu menjadi tiang penyangga yang kokoh aspek-aspek dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan ketertiban, keamanan dan kenyamanan serta menghantarkan kepada kesejahteraan dan keadilan yang menjadi harapan warga negara Indonesia. Di era reformasi sekarang yang juga diikuti modrenisasi dan arus globalisasi, mengakibatkan semakin kompleksnya tingkat permasalahan di dalam masyarakat maka konsep empat pilar kebangsaan menjadi suatu hal mutlak untuk dilakukan, papar Wabup Soekirman.
Bangsa Indonesia akan bertahan dan  maju dalam menghadapi persaingan global, apabila tetap konsisten pada penguatan empat pilar kebangsaan dan kenegaraan. Dan sebaliknya akan bercerai berai, terpuruk dan bahkan terpinggirkan jika mengabaikan nilai-nilai Pancasila yang telah menjadi pandangan hidup bangsa dan memperlemah sendi-sendi pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan lainnya, tegas Soekirman.
Karena itu peran seluruh elemen masyarakat sangat penting untuk selalu mensuarakan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat luas, ditengah kondisi masyarakat yang majemuk dan memiliki banyak perbedaan, jelas Wabup Soekirman.
Untuk itu dihimbau, kepada narasumber  agar materi dapat memberikan pemahaman bagi kita semua dalam mengembangkan empat pilar kebangsaan, sehingga nantinya dapat mewujudkan visi dan cita-cita kita bersama mewujudkan Kabupaten Sergai sebagai Kabupaten terbaik dengan masyarakat Pancasilais, religius, modern dan kompetetif dan berwawasan lingkungan, ujar Wabup Soekirman.
Sementara itu Dandim 0204/DS Letkol Arh Syaeful Mukti Ginanjar SIP mengatakan NKRI adalah kedaulatan bangsa Indonesia harus dijaga dan dipertahankan dengan prinsip bela negara bagi setiap warga negara Indonesia, hal ini sesuai dalam amandemen UUD tahun 1945 Pasal 30, yang memuat sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG ) demi kedaulatan NKRI.
Maka dalam mengatasi berbagai konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat dan mengancam keutuhan negara Indonesia, perlu adanya kerjasama, kesadaran dan tanggung jawab dari semua pihak untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang damai. Hal ini sebagai perwujudan loyalitas serta kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan negara Indonesia yang merefleksikan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam empat pilar tersebut, jelas Syaeful.
Kegiatan sosialisasi nilai-nilai empat pilar kebangsaan terbagi dalam Lima Rayon (wilayah) yang seluruhnya diikuti dari tujuh belas kecamatan se-Sergai berlangsung mulai tanggal 16 hingga 23 Mei ini. Yang termaksud Rayon I diikuti peserta dari Kecamatan Sei Rampah, Tanjung Beringin, Sei Bamban dan Teluk Mengkudu. Kemudian Rayon II terdiri dari Kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan dan Pegajahan. Sedangkan Rayon III yakni dari Kecamatan Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Sipispis, Dolok Merawan dan Bandar Khalipah. Kemudian yang termaksud dalam Rayon IV adalah dari Kecamatan Dolok Masihul, Bintang Bayu dan Serba Jadi dan untuk Rayon V diikuti peserta dari Kecamatan Silinda dan Kotarih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments