Suara Buruh Nasional

Minggu, 29 September 2013

Bupati Soekirman Hadiri Perayaan Jubileum 110 Tahun GKPS Distrik V

>>J. Irwansyah.S
Tebing Tinggi, SBN---Puncak perayaan akbar pesta ulang tahun (Jubileum) 110 tahun pekabaran injil dan 50 tahun Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) se-Distrik V yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Sri Mersing Kota Tebing Tinggi, Minggu (15/9) berlangsung cukup sukses serta semarak yang dihadiri sekitar 7000-an jemaat GKPS dari wilayah Serdang Bedagai (Sergai), Tebing Tinggi, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Batu Bara dan Asahan.

Pada peringatan Jubileum ini Bupati Sergai Ir. H. Soekirman turut menghadiri Jubileum 110 tahun GKPS serta beberapa kepala daerah lainnya yang hadir diantaranya Bupati Simalungun dan Mewakili Walikota Tebing Tinggi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan.
Turut hadir pada pesta akbar jemaat GKPS, Sekjend GKPS Pdt. EL Sumbayak M.Si, pengurus majelis PGI dan GKPS, Ketua Umum Jubileum St. Rasdiaman Damanik, para anggota Legislatif DPRD Tebing Tinggi dan Sergai, Kabag Humas Pemkab Sergai Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Dolok Masihul Drs. Dimas Kurnianto, SH, pengurus BKAG. Kegiatan ini tidak hanya diikuti warga GKPS tetapi juga dihadiri warga Kristen Simalungun di luar GKPS dan umat Kristen dari gereja-geraja lain.
Meski dalam suasana panas terik tetapi tidak mengurungkan niat warga GKPS untuk merayakannya dalam memuliakan Tuhan. Acara diawali dengan para jemaat Tuhan mengikuti pelaksanaan Kebaktian Penyegaran Penyegaran Iman (KPI) yang dipimpin Ephorus GKPS Pdt. DR. Jaharianson Saragih, STh.,M.Sc.Ph.D.
Pesta akbar memperingati Jubileum 110 tahun GKPS dimeriahkan dengan perlombaan seni tarian tardisional budaya Simalungun “Haroan Bolon” (Gotong Royong) yang dimaknai sebagai upaya pelestarian budaya simalungun, penyerahan bingkisan sosial, lucky draw dan pentas seni musik simalungun.
Pada sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa Perayaan Jubelium hendaknya memotivasi pembaharuan iman, membangun cinta kasih, kesetiakawanan dan solidaritas sebagai cerminan kasih Tuhan kepada kita umat-Nya. Semangat ini hendaknya dapat diabdikan tidak hanya untuk umat Kristiani saja, tetapi juga untuk bangsa dan negara.
Ditengah-tengah kemajemukan bangsa kita sesungguhnya adalah sebuah kekuatan dan kekayaan yang harus kita syukuri. Keragaman yang kita miliki harus kita terima sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita harus senantiasa menyemai benih-benih toleransi, kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, apalagi melakukan tindakan anarkis dan perusakan kepada pihak yang berbeda keyakinan dan pemahaman keagamaan.
Bupati Sergai Soekirman juga mengajak keluarga besar GKPS bersama-sama pemerintah untuk senantiasa meningkatkan kualitas kehidupan rakyat. Sebagaimana Pemkab Sergai senantiasa terus berupaya dan bekerja keras untuk menjaga stabilitas, keamanan dan kedamaian, seraya membangun perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pada kesempatan sungguh sangat berterima kasih atas peran aktif GKPS dalam memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat yang bersama-sama berpartispasi membangun Kabupaten Sergai.
Pimpinan Sekjend GKPS Pdt. EL Sumbayak M.Si menyampaikan khotbanhnya yang diambil dari nats Injil Alkitab 1 Timotius 1 : 12 – 17 mengingatkan umat Kristiani agar selalu tekun berdoa dan mensyukuri berkat Injil Alkitab menerangi Simalungun sehingga masyarakatnya percaya kepada Tuhan.
Dengan dilaksanakannya pesta Jubileum merupakan pesta iman dan syukur kepada Tuhan Jesus atas karunianya sehingga umat Kristiani Simalungun dapat berkumpul bersama.
Sementara itu Ketua Umum St. Rasdiaman Damanik  sebelumnya pesta Jubileum ini sudah melaksanakan berbagai kegiatan aksi sosial dalam menyemarakkan Jubileum, di antaranya melakukan pengobatan dan pemeriksaan gratis
Kita berharap masyarakat khususnya warga GKPS semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, bersyukur dan turut bekerjasama dengan pemerintah dalam membangun Kabupaten Sergai sebagai buah iman kepada Tuhan Jesus dan meminta kepada warga GKPS untuk tetap mendukung kepemimpinan Bupati Soekirman, ujar Rasdiaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments