Suara Buruh Nasional

Selasa, 03 September 2013

BUPATI TOBA SAMOSIR BLUSUKAN KE PASAR LAGUBOTI

Balige SBN,
Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kab. Toba Samosir Drs. Agust Sitorus melakukan blusukan (kunjungan langsung ke tengah-tengah masyarakat) pada saat hari pekan (Senin), di lokasi Pasar Laguboti untuk mengunjungi para pedagang yang sedang melakukan aktifitas jual-beli guna melihat langsung penempatan pedagang akibat pengerjaan renovasi bangunan Pasar Laguboti Tahun Anggaran 2013 yang dikerjakan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Toba Samosir mengakibatkan pedagang banyak yang berjualan di seputaran jalan Sisingamangaraja, jalan Patuan Anggi Kelurahan Pasar Laguboti dan beberapa lokasi pedagang pada badan jalan.

Akibat pengerjaan proyek ini diharapkan tidak sampai mengganggu pedagang, pejalan kaki maupun pengguna jalan lainnya, “tolong dipantau kegiatan penempatan pedagang sehingga tidak ada yang sakit hati,” sebut Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Senin (2/9) kepada Kadis Pasar, Kebersihan dan Pertamanan serta Camat Laguboti serta rekanan yang mengerjakan renovasi.
Bahkan Bupati juga sempat berdialog dengan para pedagang yang pada umunya menyatakan siap ditempatkan sementara di luar kompleks Pasar Laguboti, karena itu Bupati meminta agar pedagang bersabar sehingga penyelesaian pekerjaan siap dilaksanakan pada akhir Tahun ini dengan tepat waktu dan para pedagang kembali menempati lokasi tempat jualan masing-masing yang memang rata-rata terbuat dari kayu dan bukan gedung permanen seperti yang direncanakan untuk dibangun sekarang ini.
Sebelumnya Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Toba Samosir Drs Agust Sitorus mengatakan penempatan sementara ratusan pedagang sesuai dengan keputusan bersama sebelumnya dan itu akibat tidak ada lokasi alternative yang memadai dalam penempatan lokasi pedagang, sebelumnya diusulkan di Lapangan Tangsi Laguboti (kurang lebih 200 meter dari lokasi Pasar Laguboti), namun kurang mendapat dukungan para pedagang dan warga setempat, sebut pria yang dikenal akrab dengan wartawan ini, sehingga akhirnya berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat pihak Dinas Pasar sebagai pengelola, Camat dan para pedagang serta masyarakat sekitar akhirnya disepakati lokasi jualan sementara di sekitar halaman rumah warga dan badan jalan, tandasnya ramah.
Sementara itu Camat Laguboti Drs Robert Gono Hutajulu sendiri saat mendampingi Bupati meninjau lokasi menyatakan berkat pendekatan persuasif terhadap pedagang  selama 3 (tiga) hari ini, kami bekerja keras meyakinkan mereka agar dapat melakukan aktifitas secara tertib, termasuk pembuatan kios darurat para pedagang, sehingga akhirnya proses penataan dapat berjalan dengan baik, sebut mantan Camat Ajibata yang dikenal akrab dengan warganya ini.
Sementara itu, para pedagang yang menempati lokasi sementara tempat jualan di badan jalan ketika diminta tanggapan menyatakan semua sudah sesuai dengan arahan Pemerintah Kabupaten dan pihak kecamatan dan berdasarkan musyawarah melalui hasil rapat, lagipula tidak ada lagi lokasi lain lagi yang dapat dimanfaatkan.
Cuma pada kesempatan itu para pedagang secara senada meminta agar proses pengerjaan dapat berlangsung dengan cepat dan tuntas sehingga mereka dapat menempati lokasi gedung berjualan, karena bagaimanapun hasil penjualan kami agak terganggu sedikit karena situasi sedikit macet dan parkir juga jadi terganggu, namun kami berharap semua proses pengerjaan berjalan sesuai yang direncanakan, sebut seorang pedagang di lokasi.
Sementara itu sesuai pemantauan di lapangan, Senin (2/9) saat hari pekan terlihat beberapa petugas Dinas Perhubungan Kab. Toba Samosir bekerja sama dengan petugas Satlantas Polres Tobasa bekerja ekstra mengatur lalu lintas dan parkir pengguna jalan sehingga arus lalu lintas juga terlihat lancer dan tertib. (PS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments