Suara Buruh Nasional

Senin, 01 Juli 2013

Wawako Buka Pelatihan Guru UKS se-Kota Tanjungpinang

>>Doni
Tanjungpinang, SBN---Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan wahana tempat belajar dan mengajar untuk meningkatkan kemampuan dan membentuk perilaku hidup bersih dan sehat pada usia anak sekolah dengan maksud menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menggelar pelatihan Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kota Tanjungpinang di Ruang Gladiolus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjungpinang, Kamis (13/06). Dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S. Pd.
Acara dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Dadang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarnipustoko Weni, SH, Ketua PGRI Kota Tanjungpinang, dan para peserta Guru UKS.
Dalam sambutannya Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd mengatakan UKS bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar siswa. Hal ini akan dicapai melalui peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, pelayanan kesehatan dan menciptakan lingkungan sekolah sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal. Untuk mencapai itu perlu kegiatan-kegiatan inovatif di sekolah, salah satu contoh kegiatan pembiasaan dan pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.”Ujar Syahrul.
Selain itu, UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan bersih baik bagi peserta didik, warga sekolah maupun lingkungan sekitar. Namun usaha untuk meningkatkan UKS di lingkungan sekolah serta seluruh warga sekolah pada jalur dan jenjang pendidikan mulai dari SD sampai SLTA dirasakan kurang optimal, karena masih banyak sekolah yang beranggapan UKS hanya sekadar formalitas sebagai syarat dalam berdirinya sebuah proses pendidikan atau mungkin hanya sebagai tempat yang di anggap ketinggalan jaman. UKS bukanlah milik Dinas Kesehatan, tetapi dibawah binaan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatann adalah sebagai pusat rujukkan dari permasalahan kesehatan yang dialamai oleh siswa-siswa disekolah.” Jelas Syahrul.
Oleh sebab itu,  saya mengharapkan sekali kepada sekolah-sekolah yang pernah menjadi pemenang lomba sekolah sehat, jangan hanya puas sampai disitu saja, berusahalah untuk meningkatkan untuk menjadi sekolah UKS Unggulan ataupun percontohan yang bias dicontoh oleh sekolah-sekolah yang belum beruntung, tentunya hal ini tidak terlepas dari pembinaan Forum Tim Pembina UKS Tingkat Kota Tanjungpinang, yang selama inipun kegiatannya belum optimal seperti yang diharapkan. Dengan pelatihan ini, Masing-masing peserta diharapkan akan dapat mengevaluasi, menilai dan membenahi kekurangan yang ada, baik sisi kelembagaan maupun manajemen program UKS di sekolah masing-masing” Ungkap Syahrul.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam, SKM, M.si dalam laporannya mengatakan UKS bertujuan untuk menciptakan sekolah yang sehat dalam kemampuan perilaku hidup bersih dan kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal melalui peningkatan peran guru UKS di sekolah. Dimana yang menjadi sasaran adalah Guru UKS tingkat SD, SLTP dan SLTA.” Tutur  Rustam.
Disamping membuka pelatihan ini, Syahrul juga memberikan materi dan pemaparan kepada peserta pelatihan, peserta yang mengikuti pelatihan Guru UKS se-Kota Tanjungpinang  berjumlah 122 orang terdiri dari Guru SD 68 Orang, Guru SMP 27 Orang, Guru SMK/SMA 26 Orang, pelatihan akan dilaksanakan selama 2 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments