Suara Buruh Nasional

Minggu, 28 Juli 2013

Bupati Sergai Buka Puasa Bersama dengan Para PPL dan Tenaga Medis

Sei Rampah, SBN---Bertepatan dengan hari kelima belas Ramadhan 1434 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali menggelar buka puasa bersama dengan para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan tenaga medis bertempat di halaman kompleks kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Rabu sore (24/7).

Acara yang diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kapolres Sergai AKBP Arif Budiman SIK, MH, Kajari Sei Rampah Erwin Panjaitan SH, Wakil Ketua DPRD Sergai Drs. Abdul Rahim dan Drs. Sayuti Nur M.Pd, mewakili Dandim 0204/DS Kasdim Mayor Taufik, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Kakan Kemenag H. M. Hasby, al-Ustadz DR. H. Azhar Sitompul MA, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ratusan PPL dan tenaga Medis di jajaran Pemkab Sergai.
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya mengatakan bahwa para PPL yang terdiri dari penyuluh pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, kehutanan dan penyuluh Keluarga Berencana (KB) serta para tenaga medis yang ditempatkan baik di Puskesmas Pembantu (Pustu) maupun Puskesmas merupakan pelayan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya, untuk itu diperlukan ketulusan dan keikhlasan dalam bekerja. Begitu pula harus adanya kerjasama antara PPL, tenaga medis dan stakeholder lainnya sehingga visi Kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini akan tercapai yakni “Mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai sebagai Kabupaten terbaik dengan masyarakat yang Pancasilais, Religius, Modern, Kompetitif dan Berwawasan Lingkungan”.
Lebih lanjut disampaikan Bupati Soekirman, bahwa kita sebagai pelayan masyarakat haruslah mempunyai ilmu yang dipelajari, iman yang dimiliki dan cinta yang dipupuk. Karena dengan ketiga komponen itu menimbulkan rasa empati untuk melayani masyarakat sehingga dapat sekaligus membawa perubahan Pemkab Sergai ke arah yang lebih baik dimasa yang akan datang. Kepada para PPL dan tenaga medis, H. Soekirman berharap bahwa diantara kekurangan-kekurangan yang kita punya hendaknya ada jiwa yang dapat menerangi seluruh kehidupan oleh karenanya janganlah cepat berputus asa.
Sebelumnya tokoh masyarakat yang juga Wakil Ketua DPRD Sergai Drs. Abdul Rahim mengatakan bahwa silaturrahmilah yang dapat membangun masyarakat Sergai untuk membawa kabupaten pemekaran ke arah yang lebih baik dimasa mendatang. Karena tujuan pemekaran yakni peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, melayani masyarakat semaksimal mungkin serta membudayakan human resources dan natural resources (sumber daya manusia dan sumber daya alam). Keberhasilan suatu kepemimpinan apabila dapat mengkoordinasikanserta  membangun hubungan kerjasama yang saling bersinergi antar stakeholders yang mempunyai sifat amanah (dipercaya), fathanah (cerdik, pandai, bijaksana), sidiq (jujur) dan transparan, ujar Abdul Rahim.
Acara buka puasa bersama diisi dengan siraman rohani dari al-Ustadz DR. H. Azhar Sitompul MA yang dalam tausiyahnya mengatakan berkaitan dengam jorgan “Sergai Bangkit, Raih Prestasi dan Bantu Yang Lemah harus ada empat pilar kerja sama. Seperti yang dikatakan Rasulullah Muhammad SAW bahwa dibangun sebuah bangsa dan negara manakala ada empat pilar yang harus bersinergi satu sama lain, yakni peran serta ulama, umaroh (pemimpin), syahwatul haniyah (orang kaya yang dermawan) dan do’a fuqarah (doanya orang yang kurang mampu). Bahwa ada dua hal yang mempengaruhi setiap manusia yaitu otak (pikiran) dan hati. Sedangkan untuk membangun kebersamaan haruslah mempunya mental dan hati untuk membangun ukhuwah islamiyah, jelas ustadz Azhar.
Disela-sela acara diserahkan bingkisan lebaran untuk para PPL dan tenaga medis jajaran Pemkab Sergai, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan pemberian zakat kepada para fakir miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments