Suara Buruh Nasional

Rabu, 03 Juli 2013

Setdakab. Nisel Serahterimakan 3 Unit Kapal Penangkap Ikan Bantuan KPDT

 >> Sabar Duha
Nias Selatan, SBN---Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nias Selatan Drs. Samolala Lase yang turut dihadiri Setdakab. Nisel Drs. Asa’aro Laia, M.Pd, Wakil Ketua DPRD Nisel Budieli Laia, S.Pd dan Ketua HNSI Kab.Nisel Elkarya Wau, serahterimakan 3 (tiga) unit kapal 3GT kepada tiga kelompok nelayan.

Ketiga kelompok nelayan yang menerima bantuan yakni, KUB Mayung, KUB Tabase’o dan KUB Sebua’asi. Hal ini, berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jalan Pramuka Pasar Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (22/06) lalu. 
Kadis Kelautan dan Perikanan Nisel Drs. Samolala Lase dalam laporannya meyampaikan bahwa, sesuai proposal/usulan Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi di Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) pada Tahun 2012 lalu tentang Kapal Penangkap ikan dan Perahu Fiber, kini telah tiba di Nias Selatan. Dan menjelaskan bahwa pada pembuatan kapal tersebut, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan sudah memohon dan koordinasi dengan pihak KPDT agar kapal tersebut dibuat di Nias Selatan dengan bahan dari kayu. Namun berdasarkan koordinasi dengan asisten dari Kementerian, diputuskan untuk dibuat di Jakarta dengan bahan terbuat dari fiber. Sehingga barulah saat ini dikirim kepada kita bersamaan tiga unit bantuan untuk Nias Barat, urainya.
Disela acara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Samolala Lase melaporkan kepada Sekda Kab. Nisel bahwa baru saja dilakukan pemeriksaan atau auditoring oleh BPKP, di kantornya tentang bantuan DAK tahun 2012 pengadaan tiga unit kapal 30GT dan dua unit 25GT dengan anggaran senilai 2,9 Miliyar, bukan 8 Miliyar lebih, tegasnya. Drs. Samolala Lase menambahkan agar kapal bantuan yang dikelola oleh kelompok nelayan, diharapkan supaya ikan hasil tangkapannya di bongkar dan dijual di TPI, sekaligus kapal disandarkan di pelabuhan TPI sesuai pesan Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi saat saya melaporkan kedatangan kapal ini, jelasnya. Hal ini, semata-mata untuk membantu Masyarakat dan lokasi TPI dapat berfungsi tegasnya.
Selanjutnya Sekda Kabupaten Nias Selatan Drs. Asa’aro Laia, M.Pd mewakili Bupati Nias Selatan dalam sambutanya, mengharapkan agar kapal bantuan KPDT yang diserahterimakan kepada kelompok nelayan masing-masing KUB, dapat dipergunakan dan dirawat sebaik mungkin. Dan kelompok yang mengelola supaya adanya kerja sama yang baik, karena tanpa adanya kerja sama, semua susah tidak akan dapat berhasil, imbaunya.
Pada kesempatan penyerahan kapal tersebut yang dilakukan secara simbolis kepada tiga kelompok usaha bersama nelayan yakni, KUB Sebua’asi diserahkan oleh Sekda Kabupaten Nias Selatan Asa’aro Laia, M.Pd, KUB Mayung diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Budi’eli Laia, S.Pd dan KUB. Tabase’o diserahkan oleh Ketua HNSI Kabupaten Nias Selatan Elkarya Wau. Dan selanjutnya Sekda dan yang hadir pada saat itu, meninjau kondisi kapal yang telah diserahterimakan kepada masing-masing KUB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments