Suara Buruh Nasional

Sabtu, 10 Agustus 2013

Pengukuhan Pengurus Lembaga Budaya Nias Utara Masa Bhakti 2012-2016

>>Daniel Telaumbanua
Nias Utara, SBN---Dalam rangka pelestarian dan pengembangan Budaya Nias secara khusus Nias Utara, maka dalam acara yang dilaksanakan di ruang Aula Pertemuan Kantor Bupati Nias Utara Jumat, (26/07) yang lalu, Pemerintah Kabupaten Nias Utara oleh Bupati Nias Utara, mengukuhkan para pengurus-pengurus Lembaga Budaya Nias Utara yang nantinya akan membangun Budaya Nias Utara dan menggali kembali sejarah-sejarah Pulau Nias serta mengembangkan daerah kepariwisataan di Pulau Nias ini, khususnya Wilayah Kabupaten Nias Utara.

Di kesempatan ini Bupati Nias Utara menyampaikan arahan dan bimbingan kepada pengurus baru yang telah dikukuhkan, dimana besar tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa. Nias Utara terkenal dengan adat istiadatnya, daerah wisatanya, putri wisatanya, dan keramah-tamahan penduduknya. Hal ini dapat mendukung berkembangnya Nias Utara dalam kepariwisataan, sehingga dapat dijadikan sebagai daerah yang memiliki potensi yang cukup tinggi dalam cakupan daerah wisatawan. Untuk itu kiranya kepada LBNU yang kedepan akan mengemban tugas yang cukup berat dalam menggali kembali nilai-nilai sejarah Budaya Nias, kita harapkan dapat bekerjasama dengan berbagai pihak, baik masyarakat, tokoh-tokoh agama, budayawan, tokoh adat, bahkan pemuda-pemudi yang menjadi generasi penerus, tidak lupa juga mari kita menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa media, baik cetak, elektronik, maupun media on line.
Perlu kita ketahui, keberadaan wilayah letak geografis Kepulauan Nias yang cukup baik ini, bisa kita jadikan sebagai modal untuk memperkenalkan beberapa lokasi wisata yang bernuansa alami dan didukung dengan peninggalan bersejarah yang sudah beratus-ratus tahun yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dengan terbentuknya lembaga Budaya Nias Utara ini, marilah kita tumbuh kembangkan potensi-potensi yang ada. Ada beberapa daerah wisata di Wilayah Kabupaten Nias Utara ini, tapi tanpa adanya usaha dan pengorbanan, baik materi maupun fisik maka apa yang menjadi kebanggaan kita ini tidak akan bisa kita nikmati dan di kenal dimanca negara. Maka kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Nias Utara, dengan menyusun berbagai program kegiatan, mengangkat dan menggali kembali Budaya-Budaya Nias yang sebenarnya, baik itu Adat Perkawinan, Terima Tamu, Tari Hiwo, Humba, Famaola Afo, Tari Moyo, Maena, Famadogo Omo, dan masih banyak lagi adat istiadat yang menjadi ciri khas Budaya Nias. Juga beberapa aksesoris pakaian adat yang sebenarnya, baik itu Takula, Baju Adat Laki-laki maupun Perempuan, Rumah-rumah Adatnya, dan banyak lagi jenis alat peraga yang lainnya. Juga tidak ketinggalan lokasi-lokasi wisatanya seperti Pantai Berbunyi, Batu Otak, Batu Bertelur, Pantai Tureloto, Puncak Maziaya, danau megoto, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, peran aktif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sangat diharapkan dapat melakukan pencarian-pencarian informasi sekitar Budaya Nias bersama-sama dengan LBNU yang pada hari ini kita kukuhkan bersama. Dan marilah kita juga sebagai anak daerah untuk dapat memberikan konstribusi kepada pemerintah, sehingga Nias Utara yang kita cintai ini akan semakin maju pesat dibandingkan dengan daerah yang lain dan dapat terkenal diberbagai belahan negara di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments