Suara Buruh Nasional

Senin, 03 Juni 2013

Walikota Tanjungbalai Desak Tender Proyek Segera Dimulai

>>Makmur
Tanjungbalai, SBN---Walikota Tanjungbalai Dr H Thamrin Munthe MHum mendesak tender proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah Tahun Anggaran 2013 segera dimulai. Ia mengatakan, tender tersebut sudah seharusnya diselenggarakan segera guna menghindari keterlambatan pekerjaan seperti tahun sebelumnya.

Sekdakot Tanjungbalai Ir H Erwin Syahrul Pane, MM, Senin (27/5) mengatakan, desakan agar kegiatan tender (lelang) proyek pengadan barang dan jasa pemerintah TA 2013 segera dilakukan, sudah disampaikan.Bahkan, jauh hari Walikota sudah mengingatkan kepada seluruh pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) jangan menunda penyelenggaraan tender kegiatan proyek baik bersifat pengadaan barang maupun konstruksi.
    Dijelaskannya, terkendalanya proses lelang proyek ini akibat belum siapnya ULP (Unit Layanan Pelelangan). Kini ULP tersebut sudah selesai dan tentunya untuk melakukan kegiatan lelang, pihak ULP akan membentuk kelompok kerja (Pokja). Kemudian, kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang akan dilelang disiarkan langsung melalui LPSE (Layanan Pengadaan secara Elektronik) Pemko Tanjungbalai.Dijelaskannya, kegiatan yang nilai anggarannya di bawah Rp200 juta merupakan kebijakan SKPD terkait. Seharusnya kegiatan itu sudah dapat dilaksanakan dengan menunjuk rekanan tertentu yang dipercaya mengelola kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah. "Sedangkan kegiatan dengan nilai di atas Rp200 juta baik bersifat pengadaan maupun konstruksi harus ditenderkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Erwin.Menurut Erwin, lambannya proses tender pengadaan barang dan jasa pemerintah juga dapat menghambat lajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat.
            Sebab dana yang digulirkan pemerintah untuk kegiatan infrastruktur yang berkaitan langsung dengan kepentingan publik merupakan salah satu sektor untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, khususnya di daerah Tanjungbalai.
    "Kita sudah mendesak para pimpinan SKPD agar segera melaksanakan proses tender pengadaan barang dan jasa pemerintah di lingkungannya masing-masing. Lambannya tender dikuatirkan bakal mengakibatkan terjadinya kerugian kepada pemerintah dan masyarakat seperti tahun sebelumnya," ujarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments