Suara Buruh Nasional

Senin, 01 Juli 2013

Sergai Mampu Terapkan Sistem Ekonomi Kerakyatan


>> J.Irwansyah.S 
Pantai Cermin, SBN---Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) akan mampu menerapkan pelayanan terpadu dan efektif kepada masyarakatnya jika dilakukan perencanaan kerja yang matang, terukur dan terarah sehingga dapat meningkatkan efektivitas dalam pelaksanaan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.
Dalam meningkatkan efektivitas pembangunan daerah, langkah utama yang perlu dilakukan oleh seluruh SKPD di Pemkab Sergai adalah menyusun program pelaksanaan pembangunan berbasiskan ekonomi kerakyatan sehingga mampu menjadi dasar utama meningkatkan pendapatan masyarakat di kabupaten pemekaran ini.
Hal ini dikemukakan Wakil Bupati Sergai Ir . H. Soekirman saat menutup secara resmi Workshop Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah yang  bertempat di aula Theme Park Resort Pantai Cermin, Minggu (16/6).
"Setelah pelatihan ini, langkah utama yang harus dilakukan adalah menyusun rencana kerja dan melakukan pertemuan singkat dengan sesama SKPD. Saya optimis ekonomi berbasiskan kerakyatan akan terus terwujud dengan pelayanan dan program yang maksimal, " jelas Wabup Sergai.
Wabup H. Soekirman juga menghimbau kepada seluruh SKPD agar terus berpegang pada tiga semboyan "Sergai Bangkit, Raih Prestasi dan Bantu yang Lemah"  yang baru dilaunching beberapa waktu yang lalu untuk didengung-dengungkan sekaligus diterapkan mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke kecamatan dan desa. Semboyan atau prinsip ini diharapkan dapat mengobarkan semangat dalam mencapai visi dan misi Kabupaten Sergai menjadi Kabupaten terbaik di Indonesia.
Dengan demikian diharapkan Kabupaten ini dapat muncul sebagai Kabupaten Matahari Terbit di Indonesia seperti Negara Jepang dengan slogannya “Negeri Matahari Terbit” yang maju pesat di segala bidang pembangunan, perekonomian masyarakat dan penguasaan teknologinya, harap H. Soekirman.
Demi mencapai harapan tersebut,  komunikasi dan diskusi antar seluruh unit kerja mengenai konsep Sergai harus terus dibangun sehingga menjadi acuan dalam membuat rencana kerja maupun program pembangunan yang menunjang kepada tujuan dan konsep yang diinginkan.
Sebelumnya, team leader GIZ Rusfi Yunairi yang memaparkan materi kegiatan workshop penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah tingkat Kabupaten Serdang Bedagai. Diantaranya tentang kondisi birokrasi pemerintah daerah saat ini dilihat dari tiga hal terkait dengan capaian sasaran reformasi birokrasi nasional yakni pemerintahan bersih dan bebas KKN, kualitas pelayanan publik, kapasitas dan akuntabilitas kinerja.
Selanjutnya, fokus dan menjadi prioritas dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah seperti Kepegawaian, Pendidikan, Catatan Sipil, Infrastruktur, Perijinan, Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah. Dan yang terakhir tentang Quick Wins dalam program reformasi birokrasi. Quick Wins merupakan bagian utama dari peran, tugas, dan fungsi serta karakter Pemerintah Daerah yang memberikan dampak perubahan yang besar.
Kadin Jepang Siro Nakagawara yang hadir dalam acara yang turut dihadiri Ketua GOPTKI Sergai Hj Marliah Soekirman, para kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Sergai serta para Kasubbag Perencanaan Program/Akuntabilitas SKPD dan Kecamatan se-Sergai ini menyampaikan  penawaran konsep program pembuatan air bersih dari kran yang langsung bisa diminum oleh masyarakat Kabupaten Sergai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments