Suara Buruh Nasional

Jumat, 17 Mei 2013

Soekirman Ajak Masyarakat Sergai Dukung Sensus Pertanian 2013



>>J.Irwansyah.S
Perbaungan, SBN---Dalam rangka pengumpulan, pengolahan dan dimensi data struktural pertanian, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan sensus pertanian terhadap para petani yang memiliki areal tanah yang ditanami dengan berbagai macam tanaman.

            Di Kabupaten Sergai Sensus Pertanian diawali dengan pengumpulan data oleh petugas sensus di Rumah Dinas Wakil Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bertempat di Lingkungan III Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Rabu sore (1/5), dengan dihadiri Camat Perbaungan Drs. Akmal Koto, Lurah Batang Terap serta delapan orang petugas sensus dari BPS Sergai.
            Setelah memberikan keterangannya kepada petugas sensus pertanian, Wabup Sergai Ir. H Soekirman dalam sambutannya menyambut positif pelaksanaan sensus pertanian ini, karena sangat penting untuk memperoleh data terkini, valid, faktual dan terpercaya sehingga dapat digunakan untuk mengambil suatu langkah kebijakan pertanian dengan tujuan dapat membangun dan mensejahterakan masyarakat dan pertanian pada khususnya.
            Soekirman menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Sergai untuk mendukung dan mensukseskan proses pelaksanaan sensus pertanian 2013, karena dengan adanya sensus pertanian ini dapat dijadikan landasan guna memperoleh informasi tentang populasi usaha pertanian di Kabupaten Sergai.
            Dalam kesempatan yang sama Yunus, S.Si  petugas dari BPS menjelaskan sensus pertanian yang digelar serentak mulai tanggal 1-31 Mei 2013 dengan tema “ Menyediakan informasi untuk masa depan petani yang lebih baik. Sensus ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BPS setiap sepuluh tahun sekali dengan maksud agar menghasilkan gambaran terkini struktur pertanian Indonesia.
Lebih lanjut Yunus memaparkan bahwa sensus pertanian mencakup subsektor yang pertama tanaman pangan terdiri dari tanaman padi dan tanaman palawija, kedua tanaman holtikura berupa tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, ketiga tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, kakao. Keempat peternakan mencakup ternak besar, ternak kecil dan unggas sedangkan yang kelima adalah perikanan meliputi ikan tangkap, dan budidaya ikan serta  yang keenam adalah kehutanan.
 BPS Sergai telah mengerahkan tujuh ratus orang petugas sensus pertanian yang tersebar di seluruh pelosok Kecamatan se-Kabupaten Sergai, tujuannya adalah untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat sehingga dapat digunakan sebagai bahan perencanaan maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya disektor pertanian, papar Yunus.
Sedangkan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan dua metode yang pertama door to door dengan cara mengunjungi dari rumah ke rumah untuk seluruh rumah tangga dalam blok sensus, sedangkan yang kedua yaitu snowball dengan cara mengunjungi rumah tangga pengelola usaha pertanian dan rumah tangga, usaha jasa pertanian dll, jelas Yunus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments