Suara Buruh Nasional

Sabtu, 10 Agustus 2013

Bupati Soekirman Pimpin Rapat FKPD Sergai Bahas Keamanan Idul Fitri dan HPP Gabah

>>J. Irwansyah.S 
Sei Rampah, SBN---Seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar rapat bersama berkaitan dengan permasalahan persiapan khususnya mengantispasi pelayanan pengamanan menjelang dan setelah perayaan Idul Fitri 1434 H, selain itu juga jajaran FKPD juga turut membahas masalah bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Sejumlah permasalahan penting tersebut dibahas dalam rapat jajaran FKPD Sergai untuk memastikan tidak menimbulkan keresahan warga.

Rapat rutin berkala jajaran FKPD dipimpin langsung Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang turut dihadiri para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para kepala SKPD, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Sergai, Kakan Kemenag Sergai, Kepala BPS, Ketua MUI, Ketua FKUB, Kepala PLN Sergai dan Bulog dilaksanakan di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (29/7).
Mengenai permasalahan pengamanan lalu lintas pada Hari Raya Idul Fitri khususnya daerah jalinsum untuk itu Bupati Soekirman menghimbau kepada Dinas Perhubungan agar melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk menyiapkan pos-pos pengamanan di daerah jalur mudik yang rawan kemacetan mengingat banyak masyarakat daerah ini yang akan mudik lebaran serta ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas saat iring-iringan pada malam takbiran. Begitu pula pengamanan objek-objek wisata bahari, penjualan serta penggunaan petasan dan balapan liar.
Beberapa permasalahan penting yang menjadi pembahasan dari bidang pemerintahan antara lain jajaran FKPD sepakat mengambil langkah-langkah cepat, tegas dan proposional untuk menghentikan segala bentuk tindakan kekerasan akibat konflik sosial pada masyarakat dan terosrisme. Hal ini sesuai UU No. 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial juga tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2013 tentang gangguan keamanan dalam negeri.
Untuk bidang sosial ekonomi, pembangunan dan kemasyarakatan membahas tentang mekanisme dan realisasi penyaluran beras Raskin agar tepat sasaran dan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) melalui Kantor Pos sudah terealisasi kepada masyarkat kurang mampu sebesar 93,7%. Selain itu topik pembahasan seputar penanggulangan berbagai penyakit masyarakat seperti judi narkoba, miras dan premanisme.
Dalam rapat koordinasi ini juga dibahas untuk mengantisipasi kenaikan harga-harga sembako menjelang hari Raya Idul Fitri 1434 H, dalam hal ini Pemkab Sergai telah melaksanakan kegiatan pasar murah melalui Disperindagsar yang dilaksanakan pada beberapa kecamatan. Mengenai jaminan pasokan listrik selama bulan Ramadhan dan menjelang hari Raya Idul Fitri wilayah Provinsi Sumut dari hasil rapat bersama antara pihak Provsu bersama dengan Komisi 7 DPR RI, telah menyepakati bahwa pihak PLN wilayah Sumut – Aceh akan menambah kuota listrik sebesar 120 MW ditambah 30 unit mesin yang bersumber dari PLTA Sigura-gura.
Menyikapi musim panen raya bagi petani padi di Kabupaten Sergai yang mencapai hasil produksi gabah sekitar 8 – 10 ton per hektarnya. Karena tingginya hasil produksi gabah berdampak pada harga gabah di pasaran menjadi fluktuatif dan petani belum bisa menikmati hasilnya dikarenakan biaya produksi cukup tinggi. Untuk itu Bupati Soekirman mengusulkan kepada Pemerintah melalui Bulog agar segera melakukan perubahan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah kering yang dinilai tidak sesuai, dari semula Rp. 3.300 per kilogramnya menjadi Rp. 4.000 per kilogramnya sehingga kesejahteraan petani dapat ditingkatkan.
Menindaklanjuti dampak kenaikan BBM pihak FKPD Sergai mengimbau pada SPBU yang berada diwilayah Kabupaten Sergai untuk mengawasi pembelian secara berlebihan agar mengantisipasi kelangkaan BBM pada masyarakat menjelang mudik lebaran.
Mengakhiri sambutannya Bupati Ir. H. Soekirman kembali mengajak kepada seluruh jajaran birokrasi Pemkab Sergai khususnya para pejabat sebagai pimpinan unit kerja untuk bersama-sama mewujudkan trisukses pemerintahan. Yakni sukses administrasi, sukses pelayanan publik dan sukses pertanggungjawaban di lingkungan kerja masing-masing maupun dalam lingkup Pemkab sergai secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments