Suara Buruh Nasional

Sabtu, 10 Agustus 2013

Intensifikasi dan Ekstensifikasi Sumber-Sumber PAD Kota Gunungsitoli TA 2012

>>Daniel Telaumbanua
Gunungsitoli, SBN---Kegiatan Intensifikasi dan Ekstensifikasi Sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Gunungsitoli Semester I (pertama) Tahun Anggaran 2013 ini dihadiri oleh Wakil Walikota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli, Asisten Bidang Umum, Kepala-kepala Bagian, para Camat dan Staf Ahli Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli. Dikesempatan ini Sekda Kota Gunungsitoli menyampaikan bahasan akan sumber dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Gunungsitoli, yang dapat bermanfaat untuk adanya ketersediaan dana bagi Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Sebagaimana kita ketahui  bersama bahwa target PAD Kota Gunungsitoli untuk Tahun Anggaran 2013 adalah sebesar Rp. 17.000.000.000,- (tujuh belas miliar rupiah). Target tersebut terdiri dari, hasil pajak daerah sebesar Rp. 8.513.250.000,- (delapan miliar lima ratus tiga belas juta dua ratus lima puluh ribu rupiah), hasil retribusi daerah sebesar Rp. 3.500.000.000,- (tiga miliar lima ratus juta rupiah) dan lain-lain Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 4.986.750.000,- (empat miliar sembilan ratus delapan puluh enam juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).
Dari keseluruhan target ini, realisasi Semester I (Pertama) yang telah tercapai sebesar Rp. 3.133.753.746.72,- (Tiga Miliar Seratus Tiga Puluh Tiga Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Tiga Ribu Tujuh Ratus Empat Puluh Enam Rupiah Tujuh Puluh Dua Sen), realisasi tersebut masing-masing terdiri dari : 1. Hasil Pajak Daerah sebesar Rp. 1.329.996.943.72,- (Satu Miliar Tiga Ratus Dua Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Enam Ribu Sembilan Ratus Empat Puluh Tiga Rupiah Tujuh Puluh Dua Sen) atau sebesar 15,62% (Lima Belas Koma Enam Puluh Dua Persen) dari target. 2. Hasil Retribusi Daerah sebesar Rp. 6.175.425,- (Enam Juta Seratus Tujuh Puluh Lima Ribu Empat Ratus Dua Puluh Lima Rupiah) atau sebesar 0,18% (Nol Koma Delapan Belas Persen) dari target, 3. Lain-lain Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 1.797.581.378,- (Satu Miliar Tujuh Ratus Sembilan Puluh Juta Lima Ratus Delapan Puluh Satu Ribu Tiga Ratus Tujuh Puluh Delapan Rupiah).
            Jumlah capaian realisasi pada Semester I (Pertama) ini masih jauh dari yang diharapkan. Khususnya pada bagian PAD Murni yaitu Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebesar Rp. 1.336.172.368.72,- (Satu Miliar Tiga Ratus Tiga Puluh Enam Rupiah Seratus Tujuh Puluh Dua Ribu Tiga Ratus Enam Puluh Delapan Rupiah Tujuh Puluh Dua Sen). Mengingat saat ini kita sudah berada pada Semester II Tahun Anggaran 2013 maka upaya-upaya pencapaian Realisasi PAD ini harus segera dikejar, karena akan ada kekurangan dana bagi Pemerintah Kota Gunungsitoli yang pendanaanya bersumber dari PAD. Untuk itu kita harapkan kepada Pimpinan-pimpinan SKPD pengelola pad agar dapat memberi solusi dari rendahnya capaian pad pada semester i (pertama), dan semoga apa yang kita hasilkan nanti dapat bermanfaat bagi Pemerintah Kota Gunungsitoli, kepada masyarakat Kota Gunungsitoli pada masa yang akan datang, semoga usaha-usaha kita ini akan mendapat restu dan ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa, Sekda Kota Gunungsitoli mengakhiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments